YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 17 Oktober 2012

KONSEP DIRI
Saya pernah membaca buku harian Soe Hok Gie, buku harian tersebut di terbitkan dengan judul,”Catatan Seorang Demonstran”. Di bagian bagian depan ketika ia berumur 17 tahunan,ia selalu berkata, “Untuk apa saya di lahirkan?apa gunanya?apa maksud semua ini?apakah ini hanya main-main lalu saya mati saja begitu seperti layaknya permainan,saya tidak pernah mengerti apa dan siapa saya sebenarnya.” Di tengah situasi pergolakan Negara yang baru saja merdeka,kehidupan yang pas-pasan dan umur yang sedang tidak stabilnya,ia selalu bertanya dan berharap tidak di lahirkan karna melihat tidak ada gunanya jika ia di lahirkan,namun semua di sekitarnya tidak mendukungnya untuk bahagia.
Hal itu tidak hanya di rasakan oleh Soe Hok Gie pada masa mudanya,namun juga sebagian besar manusia di dunia,tidak peduli muda ataupun tua.Mereka tidak mengerti apa tujuan ia dilahirkan ke bumi,siapa dirinya sebenarnya,apa yang ingin ia raih di  hidupnya,dan sebagainya.
Saya ingat dosen saya pernah memberitahu bahwa 75% rakyat Amerika Serikat tidak mengetahui siapa dirinya dan tujuan hidupnya yang sebenarnya hingga mereka meninggal dunia.
Mendengar hal tersebut sungguh seram rasanya, anda sebagai manusia yang ingin memperoleh kebahagiaan sejati,sangat perlu untuk mengetahui segala hal tentang diri,karakter diri,dan lalu bersahabat dengan diri sendiri.Sampai ada satu kutipan favorit saya yang berbicara mengenai hal ini,kira-kira seperti ini bunyinya,
“Tidak ada orang yang dapat menghargai dan paling mengerti anda selain diri sendiri.”
Maka dalam kesempatan ini saya akan mengajak anda untuk Memahami arti Konsep diri serta belajar untuk menjadi sahabat terbaik bagi diri anda sendiri.
konsep diri adalah cara pandang secara menyeluruh tentang dirinya, yang meliputi kemampuan yang dimiliki, perasaan yang dialami, kondisi fisik dirinya maupun lingkungan terdekatnya.”
Hakekatnya pasti semua orang hidup ingin memperoleh kebahagiaan sejati.Namun bagaimana caranya memperoleh kebahagiaan sejati itu?,caranya sangat mudah sekali yaitu Menemukan siapa dirimu sebenarnya.Ketika diri sendiri di temukan,keajaiban hidup yang membahagiakan pun akan segera berdatangan.
Sayangnya, menemukan diri tidaklah mudah. Segala rutinitas hidup yang deras, membendung anda untuk lebih memburu hal-hal di luar diri anda seperti gossip terbaru,tren baju terbaru,hasil pertandingan terbaru, kerjaan yang menumpuk,kekasih yang selingkuh,dan sebagainya,membuat anda tidak menyadari bahwa sebenarnya “diri” anda sendiri sangat memerlukan perhatian anda,kasih sayang dan pengertian anda. “Diri” anda lelah akan semua perhiasan di luar diri yang menutupinya dengan kepalsuan hidup.
Sidney J Harris berkata,
“Sembilan puluh persen kesengsaraan dunia berasal dari orang orang yang tidak mengenal diri mereka sendiri,kemampuan,kelemahan moril,bahkan kebajikan mereka sendiri.Kebanyakan dari anda menjalani hampir seluruh hidup anda sebagai orang yang sama sekali asing terhadap diri sendiri”.
Hal-hal yang Harus anda lakukan untuk dapat mengenali diri anda yang sebenarnya yaitu,
  •  merenung sejenak pada saat senggang atau sebelum tidur untuk kembali merefresh otak,menenangkan diri dan mengingat apa saja yang telah anda lalui semasa anda hidup.Gali dan ingat ingat kembali peristiwa yang terjadi dalam hidup anda sehingga membentuk anda menjadi pribadi yang sekarang. Misalnya dulu orang tua anda bercerai,peristiwa tersebut sangat memukul anda, dan mulai saat itulah anda menjadi sering memberontak, egois dan tidak mudah percaya kepada orang lain.Maka bisa jadi ketika tadi pagi di Kampus ketika sedang diskusi,ada teman anda yang kesal dengan karna anda begitu egois dan tidak mau kalah sehingga banyak rekan anda yang tidak menyukai anda.Renungkanlah,berfikirlah secara objektif dan jangan langsung membela diri bahwa mereka salah menilai anda.Sadarilah bahwa anda terlahir baik tanpa keburukan sama sekali. Pengalaman hidup pada lingkungan yang buruk dapat merubah sifat anda menjadi buruk pula,maka pada waktu ini sebagai manusia dewasa yang sudah dapat menilai yang baik dan buruk,sudah sepantasnya anda merubah sikap menjadi lebih baik agar dapat lebih di terima orang lain.
  • Selain merenung ada baiknya pula belajar terbuka kepada sahabat-sahabat anda, tanyakan dengan jujur apa pendapat mereka tentang diri anda, bersikaplah bijak dalam menerima kritik,sadarilah bahwa sahabat anda menyayangi anda dan hanya ingin anda dapat mengenal diri anda sendiri sebenar-benarnya seperti halnya mereka mengenal anda.
  • Berkacalah. Kenali baik baik kondisi fisik anda,misalnya selama ini anda menutupi dahi yang lebar dengan poni,merasa minder dan selalu jelek,cobalah berpenampilan beda,sibakan ponimu dan berfikirlah objektif,positif dan selalu bersyukur,anda pasti akan menyadari bahwa ternyata dahi anda begitu bagus dan tidak layak untuk anda tutupi karna malu terlihat jelek. Ketahuilah setiap inchi dari dirimu, setiap lekuk tubuhmu,lau syukuri semua yang ada pada dirimu. Tegakkan badan dan tersenyumlah karna hal tersebut dapat menumbuhkan kepercayaan bahwa dirimu tidak seburuk yang anda kira sehingga harus di tutupi dengan bedak tebal dan sepatu hak tinggi yang menyiksa.
  • Buatlah daftar impian, ingin menjadi apakah anda kelak.tulis apapun yang ada di kepala anda,mulai dari hal-hal yang terlihat remeh seperti ingin mengecat tembok kamar dengan warna yang baru,sampai impian anda untuk menjadi pengusaha tersukses di Dunia misalnya. Tempel di tembok kamar,dan pastikan anda membacanya tiap hari.Hal tersebut dapat menumbuhkan semangat untuk maju.
  • Ukurlah diri anda yang sekarang, dengan apa yang menurut anda seharusnya terjadi pada diri anda. Tulislah hal-hal yang musti anda rubah dan anda ketahui lagi lebih dalam tentang diri anda. Hasil dari pengukuran diri tersebut kan menghasilkan harga diri,-rasa penghargaan terhadap diri sendiri.
  • Terakhir,sadarilah tujuan hidupmu di dunia ini adalah menjadi khalifah untuk menyebarkan kebaikan kepada semua orang. Semakin mendekatlah kepada sang Pencipta. Karna semakin dekat anda dengan yang Menciptakan anda,semakin baik pula kemampuan anda untuk mengerti diri sendiri.
Bicara mengenai penilaian diri terhadap diri sendiri,Saya pernah mempunya teman yang selalu saja berfikir negatif terhadap hidupnya dan dirinya. Hal ini di sebut dengan Konsep Diri Negatif. Tanda tandanya adalah, Anda tidak merasa cukup baik dengan apapun yang Anda miliki dan merasa tidak mampu mencapai suatu apapun yang berharga. Jika hal ini terus berlanjut, maka Anda akan menuntun diri Anda sendiri ke arah kelemahan emosional. Anda mungkin akan mengalami depresi atau kecemasan secara ajeg, kekecewaan emosional yang lebih parah dan kualitasnya mungkin mengarah ke keangkuhan dan ke keegoisan. Secara tidak disadari Anda telah menciptakan suatu penghancuran-diri.
Dan adapula beberapa orang yang ada kalanya ia bisa dan tidak bisa menerima keadaan diri sendiri. Keadaan seperti ini di sebut dengan Konsep Diri Sedang, yaitu keadaan dimana anda berada di persimpangan antara kepemilikan konsep-diri positif dan konsep-diri negatif. Jika konsep-diri negatif semakin berkembang daripada konsep-diri positif, maka Anda akan menuntun diri Anda sendiri ke arah kelemahan emosional. Anda mungkin akan mengalami depresi atau kecemasan secara ajeg, kekecewaan emosional yang lebih parah, dan kualitasnya mungkin mengarah ke keangkuhan dan ke keegoisan.
Hal hal yang dapat mengatasi anda agar tidak lagi menilai diri anda selalu negatif adalah dengan,
·         Bersikap obyektif dalam mengenali diri sendiri
Jangan abaikan pengalaman positif atau pun keberhasilan sekecil apapun yang pernah dicapai. Lihatlah talenta, bakat dan potensi diri dan carilah cara dan kesempatan untuk mengembangkannya. Janganlah terlalu berharap bahwa Anda dapat membahagiakan semua orang atau melakukan segala sesuatu sekaligus. Ingatlah bahwa istilah “yang dilihat bukan hasilnya,namun prosesnya..” juga istilah “anda tidak bisa membahagiakan semua orang,anda juga tidak bisa menyelesaikan segala sesuatu dengan sempurna,yang harus anda lakukan hanyalah memberikan usaha yang terbaik untuk segala urusan.”
·         Hargailah diri sendiri
Tidak ada orang lain yang lebih menghargai diri anda selain diri sendiri. Jikalau anda tidak bisa menghargai diri sendiri, tidak dapat melihat kebaikan yang ada pada diri sendiri, tidak mampu memandang hal-hal baik dan positif terhadap diri, bagaimana anda bisa menghargai orang lain dan melihat hal-hal baik yang ada dalam diri orang lain secara positif. Jika anda tidak bisa menghargai orang lain, bagaimana orang lain bisa menghargai diri anda ???
·         Jangan memusuhi diri sendiri
Peperangan terbesar dan paling melelahkan adalah peperangan yang terjadi dalam diri sendiri. Sikap menyalahkan diri sendiri secara berlebihan merupakan pertanda bahwa ada permusuhan dan peperangan antara harapan ideal dengan kenyataan diri sejati (real self). Akibatnya, akan timbul kelelahan mental dan rasa frustrasi yang dalam serta makin lemah dan negatif konsep dirinya.
·         Berpikir positif dan rasional
We are what we think. All that we are arises with our thoughts. With our thoughts, we make the world” (The Buddha).
Jadi, semua itu banyak tergantung pada cara anda memandang segala sesuatu, baik itu persoalan maupun terhadap seseorang. Jadi, kendalikan pikiran anda jika pikiran itu mulai menyesatkan jiwa dan raga.
Ketika anda dan benar-benar telah mengenal diri anda,hal yang sama pentingnya adalah Penerimaan-diri; semakin anda melatih penerimaan diri;semakin mudah untuk mengakui kekuatan anda,mengapresiasikan prestasi yang sudah di dapat,menghadapi tantangan,terbuka terhadap umpan balik,menerima tawaran bantuan,dan seterusnya.Penerimaan diri membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah sedangkan penolakan diri menimbulkan pergulatan lebih keras dan ketidak tenangan dan menuntut lebih banyak kerja keras.
Sebagai penutup satu pesan yang harus selalu anda tanamkan adalah, Jalanilah hidup ini dengan apa adanya diri anda,dengan apa yang telah Sang Pencipta berikan kepada anda.Bersyukur sajalah dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dan berkualitas yang dapat membahagiakan orang lain.Damailah pada diri anda sendiri dan Selalu ingat bahwa Tuhan tidak pernah iseng ketika menciptakan anda.
Referensi :
  • belajarpsikologi.com
  • La Tahzan For Teen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar